Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in , , ,

Profil Asfinawati Ketua YLBHI yang Tak Gentar Bongkar Kejanggalan UU Cipta Kerja!

Profil Asfinawati Ketua YLBHI yang Tak Gentar Bongkar Kejanggalan UU Cipta Kerja!

Tajuk – Nama Asfinawati kian mencuat sejak adanya pengesahan UU Cipta Kerja/Omnibus Law. Ia menjadi salah satu sosok garda depan yang menyuarakan penolakan pengesahan UU yang dinilai memiliki banyak kejanggalan tersebut.

Perempuan yang lahir di Bitung, 26 November 1976 adalah direktur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) periode 2017-2021. Ia terpilih sebagai Ketua YLBHI menggantikan Alvon Kurnia Palma.

Dilansir dari Tokohinspiratif.id, Asfinawati  merupakan seorang pejuang dan advokat hak asasi manusia yang konsisten memperjuangkan hak-hak kaum minoritas yang tertindas dan para pencari keadilan.

Asfin kecil mengaku malas belajar. Tapi, pantang juga untuk menyontek. Karena itulah dia sering menyelesaikan tugas secara dadakan di sekolah. Dari situ, katanya, dia belajar pantang menyerah dan mencoba hingga waktu terakhir.

Asfin cukup piawai bermain piano dan sempat menjadi guru les piano, namun akhirnya berubah haluan menjadi pengacara publik dan konsisten dengan perjuangannya.

Sikap Asfin yang memilih memperjuangkan hak kaum marginal tidak terlepas dari kegemaran membaca buku-buku kisah perjuangan para pembela keadilan yang ditekuni sejak belia bersama keempat saudaranya.

Hal ini menjadi salah satu faktor Asfin memilih kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, selepas menamatkan pendidikan di SMA Negeri 6 Jakarta Selatan.

Perempuan yang akrab disapa Asfin ini akhirnya berhasil lulus pendidikan hukum di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) dan bergabung dengan LBH Jakarta di tahun 1999.

Lalu ia menjadi pengacara publik di LBH Jakarta sejak tahun 2000 dan berkontribusi untuk memberi pembelaan pada kelompok minoritas di Indonesia.

Keputusan untuk menjadi pejuang di bidang HAM bukan perkara mudah, karena ia lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermusik. Bahkan, sempat menjadi guru piano selama beberapa tahun dengan penghasilan yang lumayan.

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi

Dahsyat : Sindiran Tajam Sujiwo Tejo Terhadap Pemerintah Berhasil Bungkam Anak Buah Jokowi di ILC!

Refly Harun : Buat Apa?, Ketum PDIP Beri Perintah untuk Amankan Jokowi hingga 2024!

Back to Top